Android Portal Indonesia

Pengertian Pergelaran Musik dan Bentuk Penyajian Musik

Pengertian Pergelaran Musik dan Bentuk Penyajian Musik.
Pengertian Pergelaran Musik dan Bentuk Penyajian Musik - Kali ini saya berbagi informasi tentang Pengertian dan bentuk penyajian musik yang akan dipelajari oleh siswa/siswi SMA/SMK/MA Kelas X. Okeh langsung saja ke Pengertian Pergelaran Musik dan Bentuk bentuk penyajian musik.


Apa itu Pergelaran Musik?

Yang pertama adalah pengertian dari pergelaran musik, pertanyaan di atas pasti akan muncul ketika anda mempelajari pergelaran musik.
Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia. Musik memiliki jiwa, hati, pikiran, dan kerangka sebagai penyangga tubuh layaknya seorang manusia, sehingga pertunjukan musik sebagai salah satu budaya dari manusia yang lahir dari perasaan dan hasil ungkapan yang berberbentuk ucapan. Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat meninmbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang dan gembira.


Ada Berapa Macam Bentuk Penyajian Musik?

Dalam musik terdapat beberapa bentuk penyajian yang berkaitan erat dengan tujuan serta jenis musik yang disajikan. Secara garis besar, bentuk-bentuk penyajian musik dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok seperti berikut ini.


A. Penyajian Musik Tunggal


Yakni penyajian musik yang menampilkan seseorang dalam memainkan alat musik tertentu. Misalnya penampilan piano tunggal, penampilan gitar tunggal.


B. Penyajian Kelompok Terbatas


Penyajian kelompok musik seriosa dalam bentuk duet alat musik, bentuk-bentuk trio, kuartet, atau kuintet alat musik sampai dengan bentuk ensambel terbatas.


C. Penyajian Musik Orkestra


Penyajian musik orkestra meskipun masih memiliki sifat formal dan disipilin tinggi, namun dihadiri oleh jumlah penonton yang jauh lebih besar daripada penyajian musik lainnya. Bentuk-bentuk orkestra besar seperti orkes pilharmoni, orkes simfoni, dan sejenisnya.


D. Penyajian Musik Elektrik


Penyajian kelompok musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat-alat musik elektrik berkekuatan tinggi. Penyajian musik elektrik dapat dilakukan di udara terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang.
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Pengertian Pergelaran Musik dan Bentuk Penyajian Musik di Blognya Alan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Masukkan email pada form yang telah disediakan untuk menerima update dari blognya alan.

0 Tanggapan di "Pengertian Pergelaran Musik dan Bentuk Penyajian Musik"

Post a Comment

Aturan Berkomentar Blog Alan:
1. Berkomentarlah sesuai judul artikel.
2. Dilarang meninggalkan link dalam bentuk apapun.

Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian anda tercemin saat berkomentar.